DATU DAN WALI

=============================================================================================

Mari kita dukung pelestarian khazanah cerita rakyat Daerah Kalimantan Selatan seperti Maharaja sukarama dan raja-raja dari kerajaan negara daha, perebutan tahta pangeran samudera dengan pangeran tumenggung, legenda raja gubang, datu panglima amandit, datung suhit dan datuk makandang, datu singa mas, datu kurba, datu ramanggala di ida manggala, datu rampai dan datu parang di baru sungai raya, datu ulin dan asal mula kampung ulin, datu sangka di papagaran, datu saharaf parincahan, datu putih dan datu karamuji di banyu barau, legenda batu laki dan batu bini di padang batung, legenda gunung batu bangkai loksado, datu suriang pati di gambah dalam, legenda datu ayuh sindayuhan dan datu intingan bambang basiwara di loksado, kisah datu ning bulang di hantarukung, datu durabu di kalumpang, datu baritu taun dan datu patinggi di telaga langsat, legenda batu manggu masak mandin tangkaramin di malinau, kisah telaga bidadari datu awang sukma di hamalau, kisah gunung kasiangan di simpur, kisah datu kandangan dan datu kartamina, datu hamawang dan datu kurungan serta sejarah mesjid quba, tumenggung antaludin dan tumenggung mat lima mempertahankan benteng gunung madang, panglima bukhari dan perang hamuk hantarukung di simpur, datu naga ningkurungan luk sinaga di lukloa, datu singa karsa dan datu ali ahmad di pandai, datu buasan dan datu singa jaya di hampa raya, datu haji muhammad rais di bamban, datu janggar di malutu, datu bagut di hariang, sejarah mesjid ba angkat di wasah, dakwah penyebaran agama islam datu taniran di angkinang, datu balimau di kalumpang, datu daha, datu kubah dingin, makam habib husin di tengah pasar kandangan, kubur habib ibrahim nagara dan kubah habib abu bakar lumpangi, kubur enam orang pahlawan di taal, makam keramat bagandi, kuburan tumpang talu di parincahan, pertempuran garis demarkasi dan kubur Brigjen H.M. Yusi di karang jawa, pahlawan wanita aluh idut di tinggiran, panglima dambung di padang batung, gerombolan Ibnu hajar, sampai cerita tentang perang kemerdekaan Divisi IV ALRI yang dipimpin Brigjen H. Hasan Baseri dan pembacaan teks proklamasinya di Kandangan. Semuanya adalah salah satu aset budaya dan sejarah bagi Kalimantan Selatan.

Senin, 03 Februari 2014

KISAH DATU TANIRAN

Jika anda berwisata ke bumi Antaludin, maka mampirlah di makam Al Allamah Syekh H. Sa’dudin (H.M Thayib) di Taniran Kecamatan angkinang yang jaraknya ± 8 km dari kota Kandangan. Beliau merupakan buyut dari pengarang kitab Sabilal Muhtadin, Datu Kelampayan Syekh Maulana H.Muhammad Arsyad Al Banjari.

Beliau termasuk sala seorang wali Allah SWT yang sepanjang hidupnya digunakan untuk da’wah agama Islam guna menegakkan kalimat Tauhid agar manusia selamat dunia dan akhirat. Untuk lebih jelasnya mengenai keadaan beliau dimasa hidupnya dapat dipelajari melalui biografi atau manakib beliau.Makam/kubah Datu Taniran ini merupakan makam yang paling sering dan banyak dikunjungi orang, jika dibandingkan dengan makam/kubah lainya yang terdapat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

KISAH DATU AMAWANG

Datu Hamawang atau Datu Bungkul bergelar Tumenggung Raksa Yuda atau Pangeran Kecil, dan gelar Datu Hamawang inilah yang lebih dikenal. Datu Hamawang selain orang yang sakti mandraguna, beliau juga sebagai seorang pahlawan dan sebagai seorang ulama panutan yang sangat disegani dan dihormati oleh masyarakat, sehingga segala keputusan yang akan dilaksanakan di daerah tersebut terlebih dahulu meminta saran dan pendapat bahkan persetujuan beliau. Menurut penuturan orang-orang tua, yang mula-mula memeluk agama islam di daerah ini adalah Datu Hamawang, kemudian beliau menyebarkan agama islam dan membangun sebuah mesjid di hamawang (mesjid Quba) di bantu oleh Datu Ulin dan Datu Basuhud yang akhirnya kawin dengan adik Datu Hamawang yang bernama Datu Salayan. Menurut cerita, Datu Hamawang adalah orang yang dikaruniai umur yang panjang, umur beliau mencapai 300 tahun.
Datu Hamawang mempunyai 4 orang bersaudara:
1. Datu Balimbur. Beliau juga disebut Datu Kurungan, karena beliau memelihara buaya putih dalam kurungan, konon ketika Pangeran Suriansyah mendirikan istana kerajaan (sekarang lokasi Mesjid Kuin), buaya putih ini ikut juga membantunya. Terakhir beliau bermukim di daerah Barito. Zuriyat beliau adalah Garuntung Manau dan Garuntung Waluh, suku Dayak Biaju Hampatung. Sekarang zuriyat beliau ada di Hamawang, Sungai Kudung, Telaga Langsat, Lumpangi dan Daerah Barito.
2. Datu Hamawang atau Datu Bungkul. Zuriyat beliau sekarang ada di Hamawang, Sungai Raya, Sungai Kali, Sarang Halang, Pagar Haur, Malutu dan Sungai Kudung.
3. Datu Tambunau atau TUMENGGUNG ANTALUDIN. Zuriyat beliau adalah Pambalah Batung dan Datu Dambung, dan sekarang zuriyat beliau ini ada di sekitar Sungai Kudung, Madang, Padang Batung, Kaliring, Hamawang, Sungai Gula, Puruk Cahu, Sumatera dan daerah Pegunungan Meratus (Gunung Panginangan Ratu dan Cantung). Datu Tambunau terkenal sebagai pejuang yang sakti mandraguna, pantang menyerah terhadap penjajah Belanda. Konon beliau mempunyai baju layang yang bisa digunakan sebagai sayap untuk terbang. Setelah peperangan melawan Belanda (Perang Gunung Madang) selesai, beliau bertapa di Gunung Panginangan Ratu. Dari nama beliau itulah akhirnya Kandangan di namakan BUMI ANTALUDIN, karena beliau dengan gagah berani mempertahankan Kandangan dari penjajah Belanda di benteng madang.
4. Datu Salayan (Ratu Ibuk) bergelar Ratu Komala Sari atau Ratu Mayang Sari, yang kemudian kawin dengan Datu Basuhud. Mereka akhirnya menetap di Alai Barabai. Zuriyat beliau sekarang ada di Hamawang, Sungai Kudung, Banyu Barau, Gambah, Alai (Barabai) dan Malaysia.
Tanah Banjar dikenal memiliki sekian banyak ulama yang berjasa dalam dakwah dan pendidikan di berbagai pelosok banua, bahkan pengaruhnya telah melebar ke daerah lain sampai ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Sangat disayangkan, lemahnya tradisi tulis di kalangan masyarakat Banjar menjadikan tidak sedikit kiprah para ulama tempo dulu yang tidak sampai ke generasi sekarang. Sebagian yang berhasil direkam juga terkadang berbentuk informasi pseudo historis yang masih simpang siur, banyak versi, dan cukup sulit dibuktikan secara ilmiah. Fenomena ini dapat dilihat misalnya pada cerita tentang datu-datu yang berkembang di masyarakat Banjar. Terkadang ada campur tangan politik, meskipun dalam pengertian yang paling sederhana, seperti ingin memperkuat status sosial dengan menghubungkan diri sebagai keturunan atau pihak yang berada dalam lingkaran dalam ketokohan seorang datu. Wallahu a’lam. Terlepas dari itu semua, tulisan ini berupaya menghadirkan sekilas tentang Datu Hamawang sebagai salah seorang ulama Banjar tempo dulu yang belum banyak tersentuh oleh kajian ilmu sejarah. tanpa bermaksud mengkotak-kotakkan antara satu paham ulama dengan paham ulama lainnya. Namun mengingat biografi ini bersifat dinamis, dalam arti suatu saat bisa direvisi dan datanya ditambah, maka tentu saja bagi Anda yang berminat menjadikannya sebagai sumber agar mencantumkan pula tanggal akses agar tidak merancukan data di kemudian hari.
           Pada sekitar awal abad ke-19 Masehi, di lembah sungai Hamandit (Amandit) yang termasuk kabupaten Hulu Sungai Selatan sekarang, dikenal seorang tokoh bernama Temenggung Raksa Yuda, yakni seorang turunan raja Negara Dipa Pangeran Sukarama (kakeknya Pangeran Samudera/Sultan Suriansyah). Beliau dikenal sebagai Datu Hamawang karena berdiam di kampung Hamawang (yang belakangan berkembang menjadi kota Kandangan). Disebut juga Datu Bungkul, konon lantaran melawan penjajah Belanda dengan menggunakan senjata berupa parang bungkul; dikenal pula sebagai Pangeran Kecil lantaran termasuk seorang bangsawan. Menurut M. Said (2011), motif Pangeran Kecil ini lari dari kemegahan Istana karena menghindari kekalutan perebutan singgasana.
           Datu Hamawang memiliki 3 orang saudara, yakni Datu Balimbur sebagai saudara tertua yang bermukim di daerah Barito dan menjadi Kepala Suku Dayak Biaju (Ngaju) Hampatung. Kala itu belum dikenal perbedaan suku antara Banjar dan Dayak. Di antara keturunan Datu balimbur ini antara lain Garuntung Manau dan Garuntung Waluh yang dikenal sebagai prajurit-prajurit Pangeran Antasari. Adik Datu Hamawang yang laki-laki adalah Datu Tambunan yang lebih dikenal sebagai Tumenggung Antaludin yang juga salah seorang Panglima Pangeran Antasari, komandan Benteng Madang (sekarang termasuk kecamatan Padang Batung). Entah mengapa Antaluddin kemudian lebih dikenal sehingga kota Kandangan sering disebut Bumi Antaluddin, dan nama beliau juga diabadikan sebagai nama Jembatan utama kota Kandangan. Adik beliau yang satunya lagi adalah seorang perempuan yang bernama Datu Salayan atau Datu Ibuk. Nama aslinya adalah Ratu Komala Sari yang bersuamikan seorang Arab bernama Datu Basuhud. Datu inilah yang mengIslamkan Datu Hamawang, sehingga kemudian menjadi tokoh Islam penting di masa-masa awal perkembangannya di wilayah Amandit (Kandangan) tersebut.
           Setelah memeluk Islam dan menjadi ulamanya, Datu Hamawang kemudian memimpin pembangunan mesjid Quba di kampung Hamawang. Mesjid ini sekarang sudah direnovasi total dengan konstruksi beton, namun tetap mempertahankan karakteristik arsitektur lokal. Menurut folklore yang beredar di Kandangan, Datu Hamawang ini juga melakukan pembangunan Mesjid Jannatul Anwar di jantung Desa Lumpangi Kecamatan Loksado yang semula dirintis oleh keluarga Habib Hasan bin Hasyim Assegaf Taniran.
           Salah satu turunan Datu Hamawang adalah Tumenggung Matlima yang juga seorang Panglima pendukung Pangeran Antasari dalam perang di Tanah Dusun (Hulu Barito). Tumenggung Matlima sekarang diabadikan sebagai nama jembatan Loklua (pasar kandangan), eks jembatan baayun.
           Menurut folklor yang diperoleh, Datu Hamawang tidak diketahui makamnya karena menghilang seiring pengejaran Belanda terhadap Pangeran Hidayatullah. Satu hal yang jelas, Datu Hamawang menurunkan keturunan yang pada umumnya penduduk Kandangan dan sekitarnya. Oleh karena itu, urang Kandangan memperingati jasa-jasa Datu Hamawang dengan menggelar acara haulan yang lazimnya pada akhir Bulan Shafar secara safari; maksudnya dilaksanakan pada lokasi yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Bahkan, pemrakarsanya tidak tanggung-tanggung, yaitu Ir. H.M. Said, mantan Gubernur Kalsel yang asli urang Hamawang. Acara haul tahun 2011 digelar di Pasar Lumpangi Kecamatan Loksado yang diperkirakan dihadiri tidak kurang dari 1.000 undangan

KISAH DATU AHMAD

Tugas dakwah tidaklah mengenal waktu dan tempat, dari sekian banyak keturunan Datu Kalampayan yang berdakwah di luar daerah adalah 'Alimul Allamah Haji Ahmad bin Alimul Allamah Mufti Haji Muhammad As'ad anak dari Syarifah binti Syeikh Muhammad Arsyad al-Banjari, beliau adalah salah satu ulama yang sempat menimba ilmu secara langsung dari Datuk beliau yaitu Syeikh Muhammad Arsyad al-Banjari dan dari ayahnya sendiri yang merupakan seorang Mufti di kala itu, seorang yang ber ilmu lagi mengamalkan ilmunya, rendah hati, pemurah, penyabar dan di segani segenap lapisan masyarakat karena berani menegakkan kebenaran.
Beliau mendapat tugas untuk menyebarkan ilmu di daerah Balimau Kandangan, dengan ilmu yang beliau miliki dari hasil belajar dengan datuk nenek beliau yang berpengatahuan luas, beliau melakukan dakwah, beliau merupakan anak ketiga dari 12 bersaudara keturunan dari mufti Syeikh Muhammad As'ad bin Syarifah binti Syeikh Muhammad Arsyad al Banjari, adapun anak anak dari Syeikh Muhammad As'ad adalah :
1. Alimul Allamah Haji Abu Thalhah wafat dan dimakamkan di Tenggarong Kutai kalimantan Timur
2. Allimul Allamah Haji Abu hamid wafat dan di makamkan di Ujung Pandaran Sampit kalimantan Tengah
3. Allimul Allamah Haji Ahmad wafat dan dimakamkan di Balimau Kandangan kalimantan Selatan
4. Allimul Allamah Haji Muhammad Arsyad lamak Mufti Pagatan dimakamkan di Pagatan Tanah Bumbu Kalsel.
5. Allimul Allamah Haji Sa'dudin wafat dan dimakamkan di kampung Taniran Kubah Kandangan Kalsel.
1. Saudah
2. Rahmah
3. Saidah
4. Salehah
5. Sunbul
6. Limir
7. Afiah
Konon menurut cerita masyarakat makam beliau yang sekarang ,yang terletak di daerah balimau adalah bukan tempat beliau di makamkan pertama kali.dahulunya setelah beliau wafat di makamkan di satu tempat namun tanpa di ketahui makam tersebut hilang, tapi pada satu malam makam beliau hilang tersebut terlihat satu cahaya terang benderang dari makam beliau yang pertama berpindah ke makam beliau yang sekarang ini.juga menurut penuturan masyarakat setempat ditempat makam beliau yang pertama telah di jadikan sarang maksiat oleh para perampok, oleh sebab itulah maka makam beliau berpindah dengan sendirinya dengan ijin Allah SWT ketempat yang lebih baik.
Mudah mudahan Allah SWT selalu mencurahkan rahmat-Nya untuk beliau dan seluruh keluarganya juga murid muridnya dan seluruh orang orang yang mencintai beliau amiin Ya Robbal Alamiin.