DATU DAN WALI

=============================================================================================

Mari kita dukung pelestarian khazanah cerita rakyat Daerah Kalimantan Selatan seperti Maharaja sukarama dan raja-raja dari kerajaan negara daha, perebutan tahta pangeran samudera dengan pangeran tumenggung, legenda raja gubang, datu panglima amandit, datung suhit dan datuk makandang, datu singa mas, datu kurba, datu ramanggala di ida manggala, datu rampai dan datu parang di baru sungai raya, datu ulin dan asal mula kampung ulin, datu sangka di papagaran, datu saharaf parincahan, datu putih dan datu karamuji di banyu barau, legenda batu laki dan batu bini di padang batung, legenda gunung batu bangkai loksado, datu suriang pati di gambah dalam, legenda datu ayuh sindayuhan dan datu intingan bambang basiwara di loksado, kisah datu ning bulang di hantarukung, datu durabu di kalumpang, datu baritu taun dan datu patinggi di telaga langsat, legenda batu manggu masak mandin tangkaramin di malinau, kisah telaga bidadari datu awang sukma di hamalau, kisah gunung kasiangan di simpur, kisah datu kandangan dan datu kartamina, datu hamawang dan datu kurungan serta sejarah mesjid quba, tumenggung antaludin dan tumenggung mat lima mempertahankan benteng gunung madang, panglima bukhari dan perang hamuk hantarukung di simpur, datu naga ningkurungan luk sinaga di lukloa, datu singa karsa dan datu ali ahmad di pandai, datu buasan dan datu singa jaya di hampa raya, datu haji muhammad rais di bamban, datu janggar di malutu, datu bagut di hariang, sejarah mesjid ba angkat di wasah, dakwah penyebaran agama islam datu taniran di angkinang, datu balimau di kalumpang, datu daha, datu kubah dingin, makam habib husin di tengah pasar kandangan, kubur habib ibrahim nagara dan kubah habib abu bakar lumpangi, kubur enam orang pahlawan di taal, makam keramat bagandi, kuburan tumpang talu di parincahan, pertempuran garis demarkasi dan kubur Brigjen H.M. Yusi di karang jawa, pahlawan wanita aluh idut di tinggiran, panglima dambung di padang batung, gerombolan Ibnu hajar, sampai cerita tentang perang kemerdekaan Divisi IV ALRI yang dipimpin Brigjen H. Hasan Baseri dan pembacaan teks proklamasinya di Kandangan. Semuanya adalah salah satu aset budaya dan sejarah bagi Kalimantan Selatan.

Minggu, 20 Januari 2013

Kisah Sayyid Hasan bin Muhammad



Sayyid Hasan bin Muhammad bin ‘Ali bin ‘Alwi bin ‘Ali bin Husein Baroqbah dilahirkan di Madura sekitar tahun 1868 M. Ayahanda beliau Sayyid Muhammad bin ‘Ali Baroqbah tinggal didua kota yakni Palembang dan Surabaya/Sumenep. Bunda beliau Syarifah Nafisah meninggal dunia semasa umur beliau 8 tahun. Sewaktu itu ayah beliau berada di Palembang. Sebelum beliau meninggal, Sayyid Muhammad telah berpesan kepada anak sulungnya Sayyid Utsman supaya pergi ke Madura untuk mengambil adiknya Sayyid Hasan dan membawa pulang ke Palembang, hidup bersama keluarganya disana. Sayyid Muhammad mempunyai 3 orang anak lelaki yaitu Sayyid Utsman, Sayyid Hasan dan Sayyid Husein, dan 4 orang anak perempuan yaitu Syarifah Ruqoyyah (kawin dengan Habib Seggaf bin Ahmad Syahab), Syarifah ‘Alawiyah (kawin dengan Habib Zein bin ‘Abdullah Al Hadi), Syarifah Nur (kawin dengan Habib Muhammad Al Kaff) dan Syarifah Sidah.  Perbedaan umur antara Sayyid Utsman dan Sayyid Hasan adalah 20 tahun. Pada tahun 1878 Sayyid Utsman bersama-sama adiknya Sayyid Hasan berhijrah ke Kedah. Semasa itu sudah ada keluarga ‘Alawiyyin yang menetap di Kedah, walaupun tidak begitu besar bilangannya diantaranya Bangsa Jamalullail, Syahabuddin, Al Qodri, Bin Yahya, Al Jufri dan lain-lain.
Sayyid Hasan dibesarkan oleh kakak angkat beliau yaitu Tengku Sa’adah adik ipar Sultan ‘Abdul Hamid. Beliau belajar di Sekolah Melayu di kota Star dan pada waktu yang sambil bekerja sambilan sebagai 'ticket conductor' di Kuala Kedah untuk membiayai sekolah beliau.  Menurut anak Sayyid Hasan yaitu Sayyid Agil Baroqbah, semasa bertugas didalam Kedah Civil Service, Sayyid Hasan belajar sempat belajar di Madrasah Al Hamidiah di Limbong Kapal dibawah yang dipimpin oleh Syeikh Sulaiman Sidiq. Isteri pertama beliau ialah Syarifah Nur binti Sayyid Syech bin Yahya. Sayyid Syech ini beliau berasal dari Palembang dan berhijrah ke Kedah sekitar tahun 1890an. Beliau kawin dengan janda dari Muhammad Samman (Perdana Menteri Kedah) yaitu Kamaliah binti Muhammad Akib bin Dato' Seri Paduka Laksamana.
Dengan Syarifah Nur beliau memiliki 8 orang anak diantaranya:
1.  Sayyid Ahmad (kawin dengan Syarifah Sa'adiah bin Zein Syahabuddin dan memiliki 11 orang anak yaitu Sayyid Utsman, Sayyid Zubir, Syarifah Syam, Sayyid Husein, Sayyid Mahazir, Sayyid Hasan, Syarifah Pok, Sayyid Hamzah, Syarifah Faridah, Syarifah Aminah, Syarifah Asma dan Sayyid Harun.
2.    Sayyid Muhammad (kawin dengan Syarifah Ruqoyyah Al Qadri dan memiliki 1 anak lelaki dan 4 anak perempuan.
3.  Sayyid ‘Ali (kawin dengan Syarifah Ruqoyyah bin Ahmad Al Jufri) dan memiliki 3 anak yaitu Sayyid Syahabuddin, Syarifah Zawiyah dan Syarifah Sepora.
4.  Sayyid ‘Alwi (kawin dengan Syarifah Maharom dan Syarifah Chik) dan memiliki 6 anak yaitu Sayyid Ja’afar, Sayyid ‘Umar, Sayyid Abu Bakar, Sayyid Hasan, Syarifah ‘Aisyah dan Syarifah Rodziah.
5.  Sayyid Zein (kawin dengan Syarifah Ruqoyyah dan memiliki 5 anak yaitu Sayyid Nuh, Syarifah Fatimah, Sayyid Sholeh, Sayyid Hud,Syarifah Zamrud.
6.  Syarifah Mastura
7.  Syarifah Mahani
8.  Sayyid Syech,( kawin dengan Syarifah Fatimah bin Ahmad Al Jufri dan memiliki 6 anak yaitu Sayyid Farouq, Sayyid Faisal, Sayyid Fauzi, Sayyid Fakhri, Syarifah Faizah dan Syarifah Faridah. Isteri kedua beliau Chek Sawi tidak mempunyai zuriat. Setelah Syarifah Nur meninggal Sayyid Hasan kawin dengan Syarifah Salmah binti Sayyid Hasyim bin Yahya sekitar tahun 1910/11. Pada masa itu beliau sudah memegang jabatan Hakim Melayu.
Dengan Syarifah Salmah beliau dikaruniai 11 orang anak diantaranya:
1.  Syarifah Maryam (kawin dengan Sayyid Utsman Baroqbah.
2.  Syarifah Zahro’(kawin dengan Sayyid Salim Baroqbah. Dan memiliki 10 anak yaitu Sayyid Hamzah, Sayyid Kholid, Syarifah Rofi’ah,Syarifah Shifa, Syarifah Rahmah, Syarifah Azizah, Syarifah Zaitun, Syarifah Nur, Sayyid Muhsin dan Sayyid Azizan.
3.  Syarifah Sofiah (kawin dengan Sayyid ‘Alwi Al Kaff
4.  Syarifah Sholehah (kawin dengan Sayyid ‘Alwi Baroqbah dan memiliki 10 anak yaitu Syarifah Lathifah, Sayyid Salim, Syarifah Rosyada, Sayyid Anwar, Syarifah Maryam, Sayyid ‘Abdullah, Syarifah Anizah, Sayyid Zainal Rosyid, Syarifah Syahrizah dan Syarifah Syahiran.
5.  Syarifah Hasyimah (kawin dengan Sayyid Abu Bakar Al ‘Idrus
6.  Syarifah Rosyidah (kawin dengan Sayyid Ahmad Al Kaff
7.  Syarifah Maznah (kawin dengan Sayyid Ahmad Baroqbah dan memilki 16 anak yaitu Sayyid Abu Bakar, Sayyid Faisal, Syarifah Hindun, Syarifah Mahani, Syarifah Loklok, Syarifah Musyida, Syarifah Muniroh, Syarifah Noriah, Syarifah Asma, Sayyid Syahar, Sayyid Mukhtar, Syarifah Husna, Sayyid Husni, Sayyid Sobri, Sayyid Nazri dan Syarifah Adila.

8.  Syarifah Nafisah (kawin dengan Sayyid Utsman Al Kaff dan memiliki 10 anak yaitu Sayyid Ahmad, Syarifah Fauziah, Syarifah Faizah, Syarifah faridah, Sayyid Mahadi, Sayyid Iskandar, Sayyid Muhammad Anis, Syarifah Fazlina, Syarifah Arfah dan Syarifah Khadijah.
9.  Sayyd Agil (kawin dengan Syarifah Maznah bin Abu Bakar Al Kaff dan memilki 9 anak yaitu Syarifah Anisah, Sayyid Azhar, Syarifah Maryam, Syarifah Muniroh, Syarifah Hafizah, Sayyid Hidzir, Sayyid Anas, Syarifah Suffiah dan Sayyid Hasan.
10. Sayyid Hasyim (kawin dengan Syarifah Mahani dan memiliki 2 anak yaitu Sayyid Thohir dan Sayyid Sa’ad.
11. Sayyid ‘Idrus (kawin dengan Syarifah Hasnah binti Sayyid Salim Al Qodri dan memiliki 3 anak yaitu Sayyid Muhammad Haris, Sayyid Hamdan dan Syarifah Nurzihan.
Sayyid Hasan juga memiliki beberapa tugas diluar profesi sebagai hakim yaitu diantaranya sebagai Ahli Majlis State Council yang dipimpin oleh Tengku Mahmud
sebagai Presiden.Menurut cerita Sayyid Abu Bakar bin Sayyid Ahmad Baroqbah (cucu Sayyid Hasan Baroqbah) pada tahun 1920an dan seterusnya, Sayyid Hasan telah menjemput beberapa orang keluarga dari Palembang datang untuk menetap di Kedah. Sayyid ‘Abdullah bin Sayyid ‘Alwi Baroqbah anak oleh saudara Sayyid Hasan,mereka datang berlima, isterinya Syarifah ‘Aisyah, ibunya Syarifah Maimunah, Syarifah Halimah adiknya Syarifah ‘Aisyah dan dua orang anak Sayyid ‘Abdullah yaitu Sayyid Ahmad dan Sayyid ‘Alwi. Sayyid ‘Alwi bin Sayyid ‘Abdullah kawin dengan Syarifah Sholehah binti Sayyid Hasan pada waktu itu dan Sayyid Ahmad bin Sayyid ‘Abdullah pun juga kawin dengan Syarifah Maznah binti Sayyid Hasan. Anak Sayyid Utsman(abang Sayyid Hasan) yang bernama Sayyid Ibrohim yang telah dibesarkan di Palembang ikut juga berhijrah ke Kedah, diikuti dengan anaknya Sayyid ‘Abdurrohman sekeluarga yang bermukim di Banjarmasin.
Sayyid Salim bin Sayyid Ibrohim telah dikawinkan dengan Syarifah Zahro’ binti Sayyid Hasan. Dan anak perempuan Sayyid Hasan yang lain, yang juga telah dikawinkan dengan keluarga ‘Alawiyyin Palembang termasuk Syarifah Sofiah kawin dengan Sayyid ‘Alwi Al Kaff, Syarifah Rosyidah kawin dengan Sayyid Ahmad Al Kaff, Syarifah Nafisah kawin dengan Sayyid Utsman Al Kaff dan Syarifah Hasyimah kawin dengan Sayyid Abu Bakar Al ‘Idrus.  Sayyid Hasan bin Sayyid Muhammad Baroqbah meninggal di Pulau Pinang pada tahun 1931 dan dikebumikan di Pekuburan Islam Bayan Lepas.
Leluhur Sayyid Hasan Baroqbah yang berhijrah ke Nusantara dari Tarim Yaman ialah Sayyid Husein bin Sayyid Ahmad bin ‘Abdurrohman bin Ahmad bin ‘Abdurrohman bin ‘Umar bin ‘Abdurrohman bin ‘Umar Baroqbah bin Sayyid Ahmad Al Aksah bin Muhammad bin Abdullah Ba‘Alawi bin ‘Alwi Al Ghoyur bin Muhammad Al Faqih Muqoddam bin ‘Ali bin Muhammad Shohib Mirbat bin ‘Ali Khola’ Qasam bin ‘Alwi bin ‘Ubaidillah bin Ahmad Al Muhajir bin ‘Isa Ar Rumi bin Muhammad An Naqib bin ‘Ali Uraidhi bin Ja'far As Sodiq bin Muhammad Al Baqir bin Ali Zainal ‘Abidin bin Husein bin ‘Ali bin Abi Tholib dan Sayyidatina Fatimah Az Zahro binti Rosulillah Saw.
Habib Husein Baroqbah meninggalkan kota Tarim menuju ke India bersama abang beliau yang bernama Habib Zein bin Ahmad Baroqbah. Mereka berdakwah dibeberapa tempat di India, kemudian Habib Husein melanjutkan perjalanannya ke Indonesia. Beliau menginjakkan kakinya di tanah Aceh dahulu kemudian menuju ke Palembang, Disana beliau diterima baik di lingkungan keraton Sultan dan dihormati sebagai ‘ulama keraton. Cukup lama Habib Husein menetap di kota Palembang dan beliau telah kawin dengan anak pembesar kesultanan Palembang. Hal ini dapat dimaklumi dan juga dibuktikan dengan penganugerahan gelaran Pangeran kepada cucu beliau yaitu Habib Qasim bin ‘Ali bin Husein Baroqbah oleh Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikromo. Setelah berada di Palembang selama 20 tahun Sayyid Husein Baroqbah berpindah ke kota Jambi dan menyebar agama Islam selama 35 tahun. Di Jambi beliau telah kawin dengan anak saudagar keturunan Cina yang tinggal ditengah keluarga istana yang bernama Nyai Resek binti Datuk Sintai. Beliau juga berdakwah ke Kepulauan Riau, dan mempunyai hubungan yang rapat dengan kesultanan Siak. Salah seorang anaknya yang bernama Sayyid Sya'ban telah kawin dengan adinda Sultan Syarif ‘Ali Jalil Syaifuddin, Sultan Siak yang ke-VII yang bernama Tengku Long Tieh bin Utsman bin ‘Abdurrohman Syahab. Sayyid Husein bin Sayyid Ahmad Baroqbah meninggal pada tahun 1760 dan dikebumikan di Pemakaman Tambak kelurahan Tahtul Yaman, kecamatan Pelayangan Seberang Kota Jambi. Makam beliau dikenal sebagai “makam keramat tambak”

KISAH DEMANG LEHMAN MADANG

Benteng Madang terletak di Desa Madang Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kalimantan Selatan). Jarak antara Desa Madang dengan Banjarmasin sekitar 140 km.
           Benteng Madang dibangun seiring dengan pecahnya Perang Banjar melawan penjajah Belanda di Bumi Lambung Mangkurat. Benteng ini terdapat di atas Gunung Madang salah satu dari bagian Pegunungan Meratus. Tempat tersebut sangat strategis untuk pertahanan, karena bila kita berada di tempat tersebut, maka daerah sekeliling dapat terlihat dengan mudah. Benteng tersebut dikelilingi oleh hutan semak belukar di sana–sini ditumbuhi bambu. Gunung Madang identik dengan Benteng Madang dengan luas sekitar 400 m2. Di kaki Gunung Madang terdapat aliran-aliran sungai yang di tepinya banyak ditumbuhi ilalang dan pohon bambu. Pada aliran-aliran sungai yang mendekati tempat penyeberangan diadakan titian atau jembatan-jembatan yang apabila diinjak titian ini bergerak, dan kalau jatuh besar kemungkinan tertusuk benda tajam yang sengaja dipasang oleh pejuang-pejuang Antaludin. Akibatnya tidak hanya luka-luka bahkan tidak jarang mengakibatkan kematian. Masyarakat menyebutnya sebagai “jembatan serongga”.
           Jembatan-jembatan tersebut sengaja dibuat oleh pejuang-pejuang Antaludin agar apabila musuh ingin memasuki daerah Gunung Madang akan terhalang atau mudah diketahui. Untuk memperkokoh pertahanan Benteng Madang diberi perlindungan dari pepohonan agar gelap di sang hari. Bagian lain dibuat jalan rahasia untuk keluar pabila kemungkinan seangan musuh bisa tembus. Konon pernah serdadu Belanda mengadakan penjajakan untuk melihat dari dekat keadaan Benteng Madang, tetapi mereka tidak melihat apa-apa kecuali hutan semak belukar. Keadaan yang ganjil ini membuat serdadu Belanda penasaran. Sehingga suatu waktu tempat tersebut ditembaki oleh serdadu Benda dari jarak jauh. Ketika para serdadu Belanda tersebut kelelahan dan kehausan, mereka meminta air kelapa muda kepada masyarakat, tetapi yang terjadi setelah mereka meminum semua sakit perut dan ada yang meninggal.
           Taktik gerilya yang dilakukan oleh pejuang-pejuang Antaludin membuat pemerintah kolonial Belanda kebingungan dan putus asa. Banyak serdadu Belanda yang terbunuh. Para pejuang Antaludin tidak pernah menyerah dan Benteng Madang tidak pernah direbut Belanda. Baru ketika benteng tersebut ditinggalkan oleh pejuang-pejuang Antaludin untuk bergerilya ke berbagai lokasi pertempuran, tentara Belanda menemukan tempat kosong setelah dengan susah payah berusaha mengepung untuk merebutnya.
           Sejarah telah mencatat Perang Banjar dimulai sejak penyerangan terhadap tambang batu bara Belanda Oranye Nassau di Desa Pengaron yang dipimpin oleh Pangeran Antasari dengan mengerahkan pasukan Muning pimpinan Sultan Kuning. Peristiwa ini terjadi pda tanggal 28 April 1859. Pangeran Hidayat memerintahkan kepada Sultan Kuning dan Pangeran Antasari mempercepat penyerangan terhadap tambang batu bara Oranye Nassau milik Belnda tersebut.
Serangan ini diikuti oleh gerakan-gerakan massa lainnya yang tersebar di seluruh Kerajaan Banjar. Kemudian serentak rakyat Banjar bangkit mendukung perjuangan Pangeran Antasasri untuk mengusir Belanda dari tanah Banjar. Selanjutnya Perang Banjar berlangsung sampai dengan tahun 1904, suatu peperangan yang sangat melelahkan karena tergolong perang kolonial yang paling lama di Indonesia. Pangeran Antasari dan Demang Lehman meminta kepada Tumenggung Antaludin untuk membuat benteng pertahanan di Gunung Madang. Benteng Madang dibangun di sebuah puncak gunung di Desa Madang. Bangunan benteng dari bahan kayu madang yang ada di sekitarnya serta pagar hidup dari pohon bambu dengan luas kurang lebih 400m2 bertingkat dua, agar mudah mengintai musuh dari bagian teratas. Benteng ini diberi perlindungan agar gelap pada siang hari dan dibuat jalan rahasia untuk keluar. Hal ini untuk memperkuat pertahanan dan tentara Belanda sulit merebut tempat ini. Tercatat ada lima kali serangan Belanda terhadap benteng ini.
Tanggal 3 September 1860 terjadi serangan mendadak oleh pasukan infantri Belanda sementara benteng belum selesai dibangun. Serdadu Belanda bergerak dari Benteng Amawang Belanda menyelusuri Desa Karang Jawa dan Desa Ambarai langsung menuju Gunung Madang. Serdadu Belanda terkejut, ketika baru mendekati bukit itu terjadi serangan mendadak menyebabkan beberapa serdadu Belanda tewas. Sekali lagi serdadu Belanda mendekati bukit tetapi sebelum sampai serangan gencar menyambutnya. Sehingga serdadu Belanda mundur kembali ke benteng Amawang di Kandangan.
Tanggal 4 September 1860 pasukan infantri Belanda dari batalyon ke 13 melakukan serangan kedua kalinya. Pasukan Belanda dilengkapi dengan mortir dan berpuluh-puluh orang perantaian (nara pidana) untuk membawa perlengkapan perang yang dijadikan umpan dalam pertempuran. Serdadu Belnda melemparkan 3 geranat tetepi tidak berbunyi dan disambut dengan tembakan dari dalam benteng. Ketka Letnan De Bouw dan Sersan De Varies menaki Gunung Madang hanya diikuti serdadu bangsa Belanda, sedangkan serdadu bangsa bumiputera membangkang tidak ikut bertempur. Dalam pertempuran Letnan De Brouw kena tembak di paha, sehingga serdadau Belanda mundur dan kembali ke Benteng Amawang.
Tanggal 13 September 1860 serangan ketiga Belanda terhadap Benteng Madang dipimpin oleh Kapten Koch dengan bantuan serdadu Belanda dari Banjarmasin dan Amuntai. Pertempuran ini terjadi dalam jarak dekat, tetapi Demang Lehman dan Tumenggung Antaludin dengan gagah berani menghadapinya. Disaat bunyi senapan dan meriam bergema, tiba-tiba roda meriamnya hancur kena tembakan. Pasukan Belanda dan Kapten Koch kembali mundur ke Benteng Amawang. Kegagalan serangan ketiga ini membuat belanda sangat malu karena tersebar sampai ke Banjarmasin.
Tanggal 18 September 1860 serangan Belanda yang keempat dipimpin oleh Mayor Schuak dengan pasukan infantri batalyon ke 13 yang terdiri dari beberapa opsir bangsa Belanda, dibantu oleh Kapten Koch dengan membawa sebuah heuwitser, sebuah meriam berat dan morter. Menjelang pukul 11.00 siang hari Demang Lehman memulai menyambut serdadu Belanda dengan tembakan. Letnan Verspyck yang berani mendekati benteng dengan pasukannya kena tembak oleh anak buah Tumenggung Anataludin, akhirnya mengundurkan diri membawa korban. Selanjutnya Kapten Koch memerintahkan memajukan meriam. Dengan jitu peluru mengenai serdadu pembawa meriam itu dan jatuh terguling. Setelah pasukan meriam gagal, dilanjutkan dengan pasukan infantri mendapat giliran maju. Kapten Koch yang memimpin pasukan infantri maju kena tembak di dadanya dan jatuh tersungkur. Dengan jatuhnya Kapten Koch tersebut serdadu Belanda menjadi bingung dan kehilangan komando. Dengan bergegas pasukan Belanda menggotong tubuh Kapten Koch dan meninggalkan medan pertempuran, mengundurkan diri kembali ke Benteng Amawang.
Setelah serangan keempat ini gagal Belanda mempersipkan kembali untuk penyerangan yang kelima. Demang Lehman dan Tumenggung Antaludin juga mempersipkan siasat dan strategi untuk menghadap serangan besar-besaran Belanda dengan keluar dan tidak berpusat bertahan dalam benteng saja. Demang Lehman mendapat bantuan dari pasukan Kiai Cakra Wati pahlawan wanita yang selalu menunggang kuda yang berasal dari Gunung Pamaton.
Tanggal 22 September 1860 Belanda dengan persiapan teliti, belajar dari kegagalan dan beberapa kali dipermalukan dari empat kali serangan, Belanda mempersiapkan bidak-bidak dan perlindungan pasukan penembak meriam dengan sistem pengepungan Benteng Gunung Madang. Pertempuran baru terjadi esok harinya dengan tembakan meriam dan lemparan geranat. Menjelang pukul 11.00 malam hari, tiba-tiba Demang Lehman dan Tumenggung Antaludin mengadakan serangan besar-besaran dengan berbagai jenis senapan yang dimiliki. Pertempuran berkobar hingga menjelang subuh. Karena pertempuran berlangsung di malam hari yang gelap gulita pasukan Belanda kehilangan komando. Situasi yang tegang ini digunakan oleh Demang Lehman dan Tumenggung Antaludin beserta pasukannya untuk keluar benteng dan menyebar keluar meninggalkan benteng dan selanjutnya berpencar. Suatu strategi yang dilakukan oleh Demang Lehman dan Tumenggung Antaludin utuk menghindari kehancuran pasukannya. Sementara Kiai Cakrawati dan pasukannya juga berhasil meneruskan perjalanan menuju Gunung Pamaton.
Sementara itu dengan hati-hati pasukan Belanda memasuki benteng untuk menghancurkan kekuatan Demang Lehman dan Tumenggung Antaludin, tetapi alangkah kecewanya Belanda ternyata benteng sudah kosong dan hanya ditemukan satu orang mayat yang ditinggalkan.
Demikian lah sejarah singkat Benteng Madang, sebuah tempat pertahanan para pejuang Perang Banjar di daerah Hulu Sungai Selatan (Kandangan) dalam menghadapi pasukan Belanda. Pada dasarnya benteng tersebut tidak berhasil direbut Belanda karena Benteng Madang ditinggalkan oleh pejuang Banjar kemudian melanjutkan perlawanan berikutnya ditempat lain yang lebih strategis. Pasukan Demang Lehman dan Tumenggung Antaludin sampai akhir hayatnya tidak pernah menyerah kepada Belanda. Dengan susah payah, biaya yang besar dan dengan perang yang melelahkan serta banyaknya korban, Belanda sangat malu dan dikecewakan karena benteng yang akan direbut tidak lebih hanyalah tempat kosong belaka.
Sekarang lokasi situs Benteng Madang tetap terpelihara, sebagai situs sejarah dengan juru peliharanya. Bila sejarah adalah pertangungjawaban masa silam, maka situs Benteng Madang dengan segala kejadiannya merupakan saksi sejarah bahwa di sini di bumi Banjar telah terjadi suatu peristiwa kepahlawanan untuk melawan kolonial Belanda.
Pejuang Banjar di sini secara konsekwen dan konsesten memegang prinsip “HARAM MANYARAH WAJA SAMPAI KAPUTING”. Suatu slogan dalam kehidupan orang Banjar dari dulu hingga sekarang dan yang akan datang

KISAH DATU DAHA NEGARA

Sebetulnya untuk penulisan riwayat para waliyullah kali ini saya banyak pertimbangan yang mana yang harus didahulukan penulisannya, ada banyak riwayat yang bersamaan,atas beberapa pertimbangan akhirnya saya putuskan untuk menulis riwayat tentang seorang ulama dari Nagara Hulu Sungai Selatan Kandangan, nama beliau adalah Syekh Muhammad Thaher bin Haji Syahbuddin atau sering dipanggil orang Datu Daha,satu riwayat mengatakan bahwa beliau adalah salah satu murid dari Syekh Muhammad Thaib atau kerap dipanggil Datu Taniran yang bergelar Haji Sa'duddin bin haji Muhammad As'ad bin Puan Syarifah binti Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. yang ini masih dalam pemikiran penulis, disatu riwayat bahkan ini sangat terkenal bahwa beliau sempat bertemu dengan Datu Sanggul, sedang Datu Sanggul ini kehidupannya malam lebih dulu dari Syekh Muhammad Arsyad yang merupakan Datuk dari Datu Taniran yang merupakan guru Datu Daha... wallahu a'lam bissowab... yang mana yang benar riwayat ini... tapi tidak ada yang tidak mungkin kalau sudah mencakup masalah kewalian,
           Pada pertengahan abad ke 18 pelabuhan yang terbesar dinusantara berada di Banjarmasin (Borneo), bersamaan pada saat kebesaran kerajaan Banjar, ada yang menyebutnya Bandar Masih ada pula yang menyebutnya Bandar Asin, banyak para saudagar Nusantara yang singgah kesana ada dari pulau jawa, sulawesi, sumatra bahkan sampai negara lain seperti Malaysia, Cina, India dan orang Arab dari hadrol Maut, mereka singgah untuk berdagang dipelabuhan Banjar, pada masa itu terdapat kota kota pelabuhan sungai seperti Muara Bahan (Marabahan), Muara Muning (Rantau) Daha (nagara HSS), dan Amuntai.
           Pada masa itu setiap orang yang akan menunaikan ibadah haji ke Mekkah Al-Mukarramah hanya bisa lewat laut, yang mana biasanya orang ikut kapal dagang. Alkisah tersebutlah seorang Datu dari Daha (Nagara Dipa) yang bernama Muhammad Thaher bin H.Syahbuddin, yang ingin menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, bersama rombongan beliau berangkat melalui pelabuhan Nagara dengan kapal kecil, kemudian ikut kapal dagang yang besar melalui pelabuhan Bandar Masih, setelah berpindah pindah dari kapal orang jawa sampai kekapal yang lebih besar milik orang Arab hadrol Maut untuk menuju pelabuhan Jeddah, pejalanannya itu sendiri memakan waktu sampai 6 bulan perjalanan, ditengah perjalanan menuju pelabuhan Jeddah ini ditengah lautan konon tiba tiba kapal berhenti mendadak tanpa ada penyebabnya, tidak ada batu karang yang menghalangi atau menabrak kumpulan lumpur, kebingungan Kapten kapal dan penumpang pun semakin menjadi jadi karena gelombang besar menerjang kapal dan mengakibatkan air banyak masuk kekapal, ditengah kebingungan ini akhirnya Kapten kapal meminta ahli nujum pendapat bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, setelah merenung beberapa saat akhirnya ahli nujum ini mengatakan kalau mereka ingin keluar dari masalah itu mereka harus mengeluarkan salah satu penumpang yang bernama Muhammad Thaher orang dari Daha, akhirnya dengan berat hati untuk menyelamatkan penumpang yang lainnya terpaksa hal tersebut diucapkannya dihadapan penumpang lainnya dan memanggil Datu Daha, akhirnya dengan peralatan seadanya Datu Daha dikeluarkan dari kapal tersebut, ditengah gelombang besar dan angin ribut tidak ada yang bisa dilakukan oleh datu Daha selain berserah diri memohon pertolongan kepada ALLAH SWT, setelah sekian lama dihempaskan gelombang akhirnya beliau tidak sadarkan diri, pada saat itu ALLAH berkehendak lain, angin kencang menghempaskan tubuh beliau kepinggir pantai, tidak berapa lama beliau siuman kembali,menyadari dirinya selamat dan sudah berada dipinggir pantai maka ia langsung mengucap puji dan syukur kepada ALLAH SWT yang masih memberikannya kesempatan untuk hidup di dunia ini, dengan kekuatan yang masih tersisa akhirnya beliau bangkit dan berjalan menyisir pantai, dari kejauhan beliau melihat secercah cahaya terang dari sebuah tempat, mungkin sebuah perkampungan pikir beliau, disepanjang jalan banyak terlihat makam makam yang terpelihara dengan rapi, dengan kepenatan dan kelelahan akhirnya beliau melihat orang tua, kemudian beliau mengucapkan salam dan dijawab orang tua tersebut dengan salam pula, dengan isyarat orang tua tersebut meminta Datu Daha mengikutinya dan membawa Datu Daha kesebuah rumah, setelah beristirahat sebentar akhirnya Datu Daha menceritakan seluruh pengalamannya dari awal sampai akhir dan menceritakan tujuannya untuk menunaikan ibadah haji, orang tua itu dengan serius mendengarkan cerita Datu daha,kemudian Datu Daha menanyakan perihal kampung tersebut yang terlihat hanya rumah orang tua tersebut dan kuburan kuburan, orang tua tersebut menjelaskan bahwa memang dikampung itu tidak ada perumahan dan dia hidup sendiri sedangkan kuburan kuburan yang dilihatnya disepanjang jalan adalah kuburan orang orang yang tenggelam dilaut yang dikuburkannya disini, mendengar hal tersebut Datu Daha sangat gembira sekali dan yakin orang tua tersebut adalah Nabi Khaidir AS, lalu beliau bertanya,, 
"Apakah sampeyan yang bernama Nabi Khaidir??....."benar!!..sayalah Nabi Khaidir" jawab orang tua tersebut....
"Alhamdulillah dengan ijin dan rahmat ALLAH  telah memberikan anugerah NYA sehingga mempertemukan ulun (bahasa halus untuk saya (banjar))dengan sampeyan, setelah mengucapkan kata kata tersebut Datu Daha langsung memeluk dan mencium Nabi Khaidir AS, setelah itu dengan suara rendah penuh permohonan dan sikap hormat beliau memohon kepaa Nabi Khaidir untuk menolongnya supaya tercapat niatnya menunaikan ibadah haji, dengan suara penuh wibawa  Nabi Khaidir berkata "Insya ALLAh,dengan ijin ALLAH niat kamu untuk beribadah haji akan terkabul, tetapi kamu harus bermalam disini dulu selama 3 hari 3 malam untuk menungggu jum'ad tiba,karna pada hari itu akan datang seorang Wali Alllah saudaraku dari  tanah borneo yang tiap hari jum'ad selalu singgah kesini ,dia biasanya sholat jum'ad di Mesjidil Haram makkah,nanti kamu ikut dengannya"   mendengar keterangan Nabi Khaidir makin bertambah kegembiraan Datu Daha, karena selain akan tercapai hajatnya menunaikan ibadah haji, beliau juga akan bertemu dengan seorang wali dari negerinya sendiri yang bernama Syekh Abdus Samad (Datu Sanggul), meskipun Datu Daha cuma bermalam selama 3 hari, namun waktu yang singkat tersebut tidak beliau sia-siakan untuk menuntut bermacam macam ilmu dengan Nabi Khaidir AS, ketika malam jum'ad tiba Datu Daha melaksanakan ibadah semalam suntuk, sampai sampai iya tidak tahu lagi berapa rakaat sholat sunat yang dikerjakannya dan berapa zikir dan sholawat yang telah dibacanya, hingga tak terasa waktu subuh telah sampai, setelah sholat subuh disambung dengan wiridan hingga terbit matahari disambung lagi dengan sholat sunat Isyrak kemudian wiridan lagi sampai tiba sholat dhuha, setelah sholat dhuha dan berdoa, tiba tiba muncul dihadapan beliau seorang tua yang raut wajahnya penuh wibawa dan berpakaian sederhana,melihat ada orang dihadapannya Datu Daha langsung memeluk tubuh orang tua tersebut dan mencium kedua tangannya yang mulia, hal tersebut dilakukannya karena ada firasat yang kuat dari batinya bahwa orang tua tersebut adalah Datu Sanggul, orang yang ditunggu tunggunya dari borneo yang dikatakan oleh Nabi Khaidir sebagai Wali Allah yang akan singgah sebentar untuk menemui Nabi Khaidir kemudian melanjutkan perjalanannya untuk sholat Jum'ad di Masjidil Haram Makkah atau di Masjid Nabawi Madinah Al-Munawwarah, Datu Sanggul mengucapkan salam kepada Nabi Khaidir yang kemudian dijawab oleh Nabi Khaidir dan Datu Daha, kemudian mereka saling mencium seperti layaknya cara bersalaman orang arab selanjutnya mereka saling mendoakan.

           Kemudian Nabi Khaidir menceritakan tentang Datu Daha kepada Datu Sanggul dari awal sampai akhir dan meminta kepada Datu Sanggul untuk membawa Datu Daha menunaikan ibadah haji, Datu Sanggul mengangguk sambil berkata kepada Datu daha "baiklah sebelum kamu ikut aku berangkat ke Mekkah sebaiknya kamu mandi sunat dulu dan memakai pakaian ikhram " Datu Daha segera melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Datu Sanggul, setelah siap siap dan pamit kepada Nabi Khaidir Datu Sanggul kemudian berkata lagi kepada Datu Daha "pegang pinggangku dan pejamkan matamu"

           Datu Daha kemudian memegang pinggang Datu Sanggul dan memejamkan matanya, hanya sekejab Datu Sanggul kemudian menyuruh ia membuka matanya kembali, betapa terkejutnya Datu Daha tiba tiba mereka sudah berada ditempat yang datu Daha belum pernah mengetahui,datu Sanggul berkata "sekarang kita sudah sampai di salah satu pintu Masjidil Haram yaitu pintu Babussalam yang mana disunatkan kepada kita apabila masuk Masjidil Haram lewat pintu ini, selanjutnya apabila kamu sudah selesai melaksanakan ibadah haji dan akan pulang kekampung halaman tunggulah aku pada hari jum'ad dipintu sini.. "setelah Datu Daha mengucapkan terima kasih kemudian mereka berpisah, Datu Daha kemudian memasuki Masjidil Haram.

           Pada waktu itu musim haji masih satu bulan lagi, orang orang masih belum datang, yang mana digunakan Datu Daha untuk beribadah kepada ALLAH, baru setelah satu bulan mulai berdatanganlah para jamaah haji, pada saat itulah rombongan jamaah haji dari Daha datang, betapa terkejutnya mereka melihat Datu Daha, masing-masing mereka meminta maaf kepada beliau karena tidak mampu mencegah waktu Datu Daha akan dilemparkan ketengah lautan, Datu Daha memaklumi dan memaafkan mereka semua kemudian beliau menceritakan pertemuan beliau dengan Nabi Khaidir dan Datu Sanggul wali dari pulau borneo, singkat cerita setelah melaksanakan ibadah haji Datu Daha kemudian menunggu datangnya Datu Sanggul,setelah bertemu dengan bahasa isyarat Datu Sanggul meminta Datu Daha untuk memegang tangannya dan memejamkan matanya seperti dulu, sekejab kemudian mereka sudah berada dipulau borneo, Datu Sanggul mengantarkan Datu Daha sampai ujung kampungnya dan menyuruh Datu Daha untuk berjalan agar para penduduk melihatnya, sebelum mereka berpisah Datu Sanggul berpesan kalau masyarakat bertanya beliau harus menjawab bahwa semua kejadian ini adalah anugrah dari ALLAH SWT, penduduk sangat terkejut dengan kedatangan beliau, karena beliau datang tidak pada saat semestinya, biasanya jamaah haji baru akan datang 2 bulan lagi, banyak yang tidak percaya bahwa Datu Daha telah melaksanakan ibadah haji dan menanyakannya tapi dijawab oleh Datu Daha seperti dipesankan oleh Datu Sanggul, dua bulan telah berlalu kemudian datanglah rombongan jamaah haji dari Daha, penduduk kemudian menanyakan kepada mereka perihal Datu Daha mengerjakan haji apa tidak, kemudian diceritakan oleh mereka dari awal sampai akhir tentang Datu Daha yang memeng betul betul berhaji dan mereka juga mengisahkan pada saat mereka akan pulang mereka mencari Datu Daha untuk bersama sama pulang, tapi mereka tidak menemukan Datu Daha yang tiba tiba saja menghilang seperti ditelan bumi, mendengar kisah itu makin kagumlah masyarakat dengan pengalaman Datu Daha berhaji.

           Setelah kembali ke Daha beliau segera menyebarkan ilmunya yang diperoleh dari Nabi Khaidir kepada masyarakat luas hingga diberi gelar Surgi Tuan karena ilmunya yang banyak. suatu ketika negeri Daha dilanda kekeringan panjang hingga sungai sungai menjadi kering,masyarakat banyak meminta Datu Daha untuk memimpin sholat istisqa untuk memohon diturunkan hujan, setelah sholat tersebut anehnya air keluar dari tanah sangat banyak hingga mampu memenuhi kebutuhan penduduk saat itu padahal saat itu hujan tidak turun, selain itu salah satu keramat beliau kubah tempat maqam beliau yang terletak didesa Teluk Haur, Nagara disebut orang Kubah Dingin karena suasana disekitar makam Datu Daha yang dingin dan sejuk meskipun diluar sangat panas, tidak tercatat kapan tahun wafatnya beliau, diantara murid murid beliau adalah :
1. Al-Mukarram Tuan Guru Haji Abdurrahman Syarif makam Keramat Bagandi Nagara Kandangan HSS.
2.  Al-Mukarram Tuan Guru Haji Muhammad Sarasi Nagara Kandangan HSS ...........